JENIS – JENIS BEASISWA DI ITS PKU

 

Tawaran beasiswa dari berbagai lembaga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Hal ini akan membantu permasalahan pendanaan mahasiswa. Tawaran-tawaran tersebut disambut baik oleh ITS PKU untuk membantu mahasiswa yang mengalami kendala pendanaan. Semester Ganjil 2019/2020 ITS PKU menyalurkan 7 Jenis Beasiswa dari Yayasan Perguruan Tinggi dan Lembaga-lembaga yang menawarkannya. Beasiswa-beasiswa tersebut diberikan sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh masing-masing lembaga. Untuk memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut dilakukan proses seleksi oleh Bagian Kemahasiswaan ITS PKU. Seleksi dilakukan dengan menilai calon penerima Beasiswa mulai dari IPK hingga Aktivitas Mahasiswa tersebut.

 

Beasiswa Prestasi Mahasiswa

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di setiap Program Studi (Prodi) dan angkatan. Mahasiswa yang berhak memperoleh beasiswa ini adalah mahasiswa dengan peringkat 1 – 3 di setiap angkatan dan prodi. Pemberian Beasiswa dilakukan setiap semester. Sumber dana beasiswa ini berasal dari Yayasan PT dan Bank Muamalat. Proses selekasi dimulai dari identifikasi nilai mahasiswa melalui BAAK hingga pemberitahuan kepada mahasiswa bersangkutan.

 

Beasiswa Hafidz Qur’an

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang sudah hafal Al Qur’an minimal 15 Juz. Mahasiswa yang berhak memperoleh beasiswa ini adalah mahasiswa semua tingkat dan prodi asal memenuhi syarat. Pemberian Beasiswa dilakukan setiap tahun. Sumber dana beasiswa ini Relasi ITS PKU yaitu Bank Muamalat. Proses selekasi dimulai dari identifikasi mahasiswa melalui Program Pesantren Mahasiswa yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru hingga ujian hafalan bersama ustadz atau ustadzah pengasuh pesantren mahasiswa ITS PKU.

 

Beasiswa Bantuan Beaya Pendidikan

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi. Mahasiswa yang berhak memperoleh beasiswa ini adalah mahasiswa semua tingkat dan prodi asal memenuhi syarat. Pemberian Beasiswa dilakukan setiap tahun. Tahun 2019 Sumber dana beasiswa ini Relasi ITS PKU yaitu Bank Muamalat. Proses selekasi dimulai dari identifikasi mahasiswa melalui Ka Prodi hingga pemberitahuan kepada mahasiswa ITS PKU yang memenuhi syarat. Sementara tahun 2020 terdapat Beasiswa Bantuan UKT yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bagi mahasiswa terdampak wabah Covid 19.

 

Beasiswa KIP Kuliah (dulu Bidikmisi) dari Dikti

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki prestasi akademik yang tinggi. Mahasiswa yang berhak memperoleh beasiswa ini adalah mahasiswa telah diseleksi sejak masih Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Pemberian Beasiswa dilakukan setiap semester hingga mahasiswa yang bersangkutan lulus. Sumber dana beasiswa ini dari Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI). Proses selekasi dimulai dari identifikasi calon mahasiswa di SLTA masing-masing hingga pencairan dana ke rekening mahasiswa masing-masing.

 

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Dikti

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang tinggi. Mahasiswa yang berhak memperoleh beasiswa ini adalah mahasiswa telah diseleksi oleh ITS PKU secara online. Pemberian Beasiswa dilakukan setiap semester selama 2 semester. Sumber dana beasiswa ini dari Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI). Proses selekasi dimulai dari pengajuan calon penerima beasiswa oleh ITS PKU hingga pencairan dana ke rekening mahasiswa masing-masing.

 

Beasiswa Atlet Berprestasi dari Belmawa Dikti

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi olah raga secara individu tingkat nasional. Mahasiswa yang berhak memperoleh beasiswa ini adalah mahasiswa telah diajukan oleh ITS PKU secara online dengan menyertakan bukti berupa piagam kejuaraan. Pemberian Beasiswa dilakukan setiap semester hingga lulus. Sumber dana beasiswa ini dari BELMAWADIKTI. Proses selekasi dimulai dari pengajuan calon penerima beasiswa oleh ITS PKU hingga pencairan dana ke rekening mahasiswa masing-masing.

 

Beasiswa Sang Surya dari Lazismu

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki aktif di kegiatan-kegiatan persyarekatan Muhammadiyah. Mahasiswa yang berhak memperoleh beasiswa ini adalah mahasiswa telah diajukan oleh ITS PKU kepada Pengurus Daerah Muhammadiyah Surakarta. Pemberian Beasiswa dilakukan setiap semester selama 2 semester. Sumber dana beasiswa ini dari LAZISMU. Proses selekasi dimulai dari pengajuan calon penerima beasiswa oleh ITS PKU hingga pencairan dana ke rekening ITS PKU dalam bentuk Beaya SPP.