A. Komitmen Pimpinan
Pimpinan ITS PKU sangat mendukung program pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa. Komitmen tersebut tertuang dalam pengangkatan Kepala Unit PIBK dengan terbitnya SK Rektor No………….tentang………………

B. Struktur Program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa
Jiwa berwira usaha mahasiswa ITS PKU ditumbuhkembangkan melalui Gerakan Entrepeneur Mahasiswa (GEMa). Gerakan ini mulai diperkenalkan sejak mahasiswa mengambil matakuliah Kewirausahaan. Tindak lanjutnya mahasiswa diharapkan mulai dapat menghasilkan uang dari produk yang mereka jual di Toko ITS PKU ataupun Online shop atau marketplace . Tahap selanjutnya mahasiswa diberi kesempatan untuk magang di unit usaha ITS PKU seperti Toko, Fotokopi atau Kantin . Target terakhir adalah lahirnya wirausaha baru sebelum mahasiswa lulus dari ITS PKU.
Secara ringkas kegiatan GEMa terdiri dari 3 tahap, yaitu:
a. Tahap 1 Penanaman Jiwa Kewirausahaan melalui mata kuliah Kewirausahaan yang wajib diikuti seluruh mahasiswa.
b. Tahap 2 Peningkatan Motivasi Berwira usaha melalui pelatihan pembuatan proposal bisnis (Bisnis Plan) atau proposal untuk diajukan ke Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM K) dan kegiatan lainya.
c. Tahap 3 Pengembangan Inkubator Bisnis dengan berkoordinasi dengan Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Institusi (LPMPI) ITS PKU dan bekerjasama dengan wira usahawan di sekitar Solo Raya.